#65 Review: The Face Shop - Oil Control Water Cushion (V203 Natural Beige)

Who does love cushion here?
You?
You?
Ah, you too?
Yash, me too!!

Di kesempatan kali ini, aku akan mereview sebuah cushion yang aku coba selama hampir dua bulanan ini dan aku pengen banget menuliskan reviewnya di blog. Sebelumnya aku pernah mencoba Air Fit Cushion dari A'PIEU sebagai cushion yang pertama kali membuat aku jatuh cinta dan menjadi penasaran untuk mencoba cushion-cushion lainnya. Rasanya gak puas kalo cuma mentok di satu brand dan jadi penasaran untuk icip-icip brand yang lainnya.




Pada bulan Juni kemarin, akhirnya aku diracuni oleh The Face Shop untuk mencoba matte cushion foundation mereka. Seperti yang sudah aku tuliskan di review Air Fit Cushion by A'PIEU, hal yang membuat aku tidak nyaman dengan cushion tersebut adalah shadenya yang terlalu cerah. Air Fit Cushion A'PIEU juga memiliki efek dewy/glowy sehingga membuat warnanya menjadi lebih cerah lagi di kulit wajahku. Aku sedang mencari cushion dengan matte finish, supaya aku nggak perlu double finishing pakai bedak lagi untuk mengatasi T-zoneku yang gampang berminyak. Setelah baca beberapa review, ternyata TFS mempunyai cushion untuk jenis kulit berminyak dengan hasil matte finish yaitu, Oil Control Water Cushion. Berhubung store The Face Shop sudah ada di kotaku, maka aku nggak ragu dalam memilih warna-warna dari cushion TFS karena bisa langsung mencoba testernya disana. Setelah mencoba tester antara shade V203 dan V205, akhirnya aku memutuskan untuk membeli shade V203 Natural Beige. Jika kamu berniat mencoba cushion ini, yuk baca dulu review dari aku.



"Cushion foundation recharges skin with moisture while controlling sebum for long lasting freshness. Moist-cover effect promotes a healthy look while covering up imperfections and pigmentation. Sebum control formula helps reduce shine and keep make-up stay in perfect condition for hours. New Microfoam keeps makeup feel as fresh as when it first applied."


Press the puff applicator to the cushion and lightly pat onto the face. Apply over areas of concern for more coverage. Replace the cushion with refill once the formula is depleted.


Discontinue use if signs of irritation or rash appear. Do not use on broken or abraded skin. Keep out of reach of children. Do not expose to extreme temperatures or direct sunlight.


Cushion ini dikemas di dalam box berwarna biru muda dengan embos water drops. Menurutku design boxnya biasa saja seperti kebanyakan produk kosmetik.

 



Pada bagian belakang box ada sticker yang ditempel berisi keterangan dan cara penggunaan produk dalam bahasa Indonesia, serta kode POM dan tanggal expired produk.


  

Keterangan pilihan warna shade cushion tertera di bagian atas tutup box.



 

Di bagian bawah box, ada keterangan bahwa produk The Face Shop ini adalah produk yang di produksi sesuai dengan standar global. Seperti yang kita ketahui standar produk di setiap negara berbeda-beda, karena itu TFS mengikuti Global Standard untuk produk yang akan didistribusikan di luar Korea.


 

Untuk si cushionnya sendiri ukuran packagingnya memang agak bulky, tapi ya memang ini udah standardnya rata-rata ukuran cushion yang berisi 15 gr. Packagingnya berwarna putih polos dengan lambang TFS kecil dibagian tengah. Sayang banget lambang pohon TFS di atas cushion ini gampang terkelupas. Bagian bawah casenya berwarna white pearl. Karena ini warna putih, pasti rentan banget kotor, jadi kalau kamu mau case cushion ini tetap bersih dan cantik, jangan lupa langsung dibersihkan begitu terkena noda. Cushion ini bisa di refill seperti cushion lainnya. Kalau kamu mau hemat dan cuma butuh cushionnya aja, kamu cukup beli refillnya saja tidak usah sama case-nya.


  


 

 

Aplikatornya adalah air puff dengan dasar warna biru, seperti kebanyakan aplikator pada cushion lainnya yang diletakan terpisah di atas inner lid cushionnya. Aku suka dengan tekstur air puffnya karena memiliki pori-pori yang lebih halus dan rapat dari pada air puff cushion A'PIEU sehingga hasil foundation di wajah terlihat lebih smooth.
Oh iya, selalu bersihkan air puff cushion kamu setelah pemakaian 3-4 kali. Foundation yang menumpuk di puff membuat puff bekerja kurang maksimal, hasilnya foundation yang menempel di wajah kurang merata walaupun sudah di tepuk berkali-kali.

 


 



Foundation ini terserap ke dalam cushion cukup banyak. Saat pertama kali memakai cushion ini aku hanya perlu menekan air puff secara lembut ke cushion. Tekstur dari cushion foundation ini runny dan mudah dibaurkan sehingga terasa sangat ringan di wajah. Walupun foundation ini di-claim memiliki hasil matte, tetapi tetap terasa sangat melembabkan kulit. Teksturnya yang ringan ini membuat aku merasa seperti tidak memakai apa-apa di wajah. Cushion ini mengandung SPF 50+ PA+++ yang dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Tapi biasanya aku tetap pakai sunscreen Vitacreme B12 SPF 30+++ sebelum memakai cushion ini.

Terdapat sticker pelindung isi cushion saat pertama kali dibuka.


  


Saat ke counter TFS, shade yang dipajang untuk Oil Control Water Cushion ini ada 3, yaitu V201 Light Beige; V203 Natural Beige; dan V205 Sand Beige. Aku sempat ragu memilih antara shade 203 dan 205, tapi setelah mecobanya pada bagian rahang, pilihanku jatuh pada shade V203 Natural Beige. Shade V205 sedikit gelap di kulitku dan aku takut jika dipakai terlalu lama akan oxidize dan akan membuat wajahku terkesan dull.



Coverage dari foundation ini adalah medium. Untuk kantung mata yang gelap dan noda bekas jerawat yang kehitaman, cushion ini belum mampu menutupi secara sempurna. Tetapi untuk masalah warna kulit tidak rata (bagian jidatku lebih gelap, hiks), redness, dan pori-pori, hasilnya cukup memuaskan. Redness menjadi tersamarkan dan bagian kulit dengan pori-pori besar (pipi dekat hidung) terlihat lebih mulus.


Oil control dari cushion ini cukup bagus. Dulu cushion Korea selalu menawarkan hasil akhir dewy, tetapi sekarang sudah banyak juga yang menawarkan cushion khusus untuk si kulit berminyak.
Walupun ini claimnya matte, tapi sebenarnya ini nggak matte banget kayak kamu pakai bedak yaa. Hasilnya membuat wajah terlihat moist tetapi tidak ada shine yang berlebihan, jadi gak perlu khawatir kalau pakai ini di siang hari. Selama aku pakai cushion ini aku jaraaaanngg banget pakai bedak tabur lagi. Bener-bener cuma sun screen + The Face Shop Oil Control Water Cushion ini saja.
Palingan kalau cuaca lagi panas dan gerah banget, baru deh aku kasih bedak tabur di T-Zone.
Kalau kamu berada  di ruangan ber- AC, hasil cushion ini di kulit akan terasa lebih matte.


Secara keseluruhan, bisa dibilang ini adalah cushion yang aku cari-cari untuk daily make-up ku. Gampang dipakai, memiliki coverage yang lumayan, membuat kulit terlihat smooth, oil control yang cukup baik, terasa ringan di kulit, dan memiliki proteksi terhadap sinar UV A dan UV B.

Tapiiii.....

Ada satu kekurangan yang membuat aku jadi cukup kesel. Cushion ini sepertinya tidak non-comedogenic. Setelah selama 1-2 minggu awal pemakaian, aku perhatikan kulit wajahku jadi komedoan. Apalagi setelah memakai cushion ini seharian dari pagi hingga sore, saat membersihkan wajah aku mulai merasakan banyak komedo yang muncul. Biasanya komedoku hanya ada di T-zone, tapi sekarang jadi sewajah, sampai ke bagian pipi dan rahang pun jadi ada komedo. Dalam kurun waktu tersebut aku tidak mengganti skincare, dan juga tidak sedang PMS.
Lalu aku sempat menghentikan pemakaian cushion ini selama beberapa hari, dan komedo ku lumayan membaik (tidak bertambah).

Rasanya sayang banget kalau pemakaian cushion ini aku stop, sementara kelebihan cushion ini sangat aku suka. Aku tetap memakai The Face Shop Oil Control Water Cushion ini sampai sekarang, namun aku batasi untuk pemakaian beberapa jam saja. Tujuannya supaya tidak terlalu lama nempel di wajah dan bisa langsung cepat dibersihkan. Seringnya ini aku pakai saat sekedar pergi jalan-jalan cantik dan santai saja.

Oh iya, dan satu lagi, kalau cushion ini dipakai dalam waktu yang lama dia akan sedikit grayish. Kalau kamu ngaca, atau selfie dari dekat mungkin gak bakal kelihatan, tapi kalau dari jauh kelihatan jadi sedikit dull.


Matte finish tetapi tetap terasa lembab
Membuat wajah terlihat lebih halus
Medium coverage
Stay power yang cukup lama
Tidak perlu memakai bedak lagi
Memiliki UV Protection
Sangat memudahkan proses dendong di pagi hari


Cukup pricey kalau beli di counter

Membuat kulitku komedoan
Sedikit grayish setelah digunakan cukup lama


IDR 325.000,- di counter The Face Shop
Mungkin sekitar IDR 250.000,- di online shop (tetapi di olshop biasanya shade warna gelap terbatas)


Sepertinya aku harus mencoba cushion matte lain yang tidak membuat wajahku komedoan. :')


3.5/5
 

Tips: Kalau cushion kamu mulai habis (kering), ambil dengan pinset dan balikkan bantalan cushionnya. Foundation yang terserap ke dalam cushion pasti akan menumpuk di bagian bawah setelah beberapa lama. Jangan lupa tutup rapat inner lid penutup cushion kamu ya (tempat air puff), supaya formula dari cushionnya tetap fresh. Kamu jadi gak perlu buru-buru beli refill-nya deh. :)

Itu dia review dari aku mengenai The Face Shop Oil Control Water Cushion Shade V203 Natural Beige. Apa kamu pernah mencoba cushion ini atau justru baru mau mencobanya? Jangan lupa bagi-bagi cerita lewat komen yaa :)




Thankyou for stopping by and see you on my next post. Bye-bye, beauties.

With love,

XOXO
 

Share:

15 comments

  1. Pengen cobain. Tapi lagi duluin skincare nih huhu

    ReplyDelete
  2. Klu tone kulit kuning langsat pilih shade yg mana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kulit aku tone-nya juga kuning, aku pilih yang natural beige.

      Delete
  3. kalau aku mau beli refill nya aja trus dimasukin ke case laneige kira2 bisa ga ya sis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau aku, setiap cushion ukuran dan casenya beda-beda. Ada yang bisa masuk refill cushion lain, ada juga yang ga bisa. Dicoba aja sis..

      Delete
  4. Aku udah coba dan suka banget sama matte finishnya yang masih tetap moist itu

    ReplyDelete
  5. Global standard product itu ya produk yg terstandarisasi secara global alias dunia. Seperti ISO (ISO ini macam2), HACCP, dll, itu mau di negara manapun standarnya sama karna memang ada lembaga standarisasinya yg sifatnya global, internasional. Kalau yg berbeda di tiap negara itu semacam FDA/BPOM. Produk Korea yg kita pakai, yg termasuk drugs, food, drink and cosmetics, sebelum beredar ya harus terdaftar dulu di BPOM-nya Korea (MFDS - Ministry Of Food And Drug Safety, dulu namanya KFDA - Korean Food and Drug Administration)

    ReplyDelete
  6. Iyaa kak bener banget aku dah nyobain.. Kalau dipake lama jadi ke abu abuan.. Aku kira karna mukaku aja yg bermasalah

    ReplyDelete
  7. Cari yang shade 205 susah di online shop. Di counter udah pasti ada ya?

    ReplyDelete
  8. packagingnya cantik terlihat mewah sayang tidak cocok untuk oily skin

    berita bola indonesia

    ReplyDelete