#66 Experience: Smoothing and Hair Coloring

Selamat hari Senin dan selamat beraktifitas semuanya.
Actually, ini postingan udah kependem di draft dan baru sempet diutak-atik lagi saat weekend kemaren. Dan baru sempat gue post hari ini, hehehe.
Di saat aku bingung untuk memutuskan mereview produk yang mana dulu, aku kepikiran untuk menuliskan tentang hal yang lain. Gaya bener ya, kayak list produk reviewnya segambreng aje.
*ciut*
Tapi memang tiba-tiba saja aku teringat untuk berbagi pengalamanku saat meluruskan dan mewarnai rambut yang (akhirnya) aku wujudkan di akhir bulan Juni lalu. Sebenernya sedikit bingung mau mulai cerita dari mana. Mungkin aku jelaskan terlebih dahulu alasan kenapa aku pengen smoothing rambutku ini ya...

Rambut asliku itu memang tidak lurus, tapi juga tidak terlalu keriting, yang jelas cukup bertekstur sehingga membuatnya sedikit susah diatur ataupun dibentuk. Apalagi setelah cuci rambut kerasa banget rambutku megar dan bandel, walaupun aku sudah rajin memakai kondisioner dan vitamin.
Seperti yang sudah aku tulis di review catokan Nanotec, aku lagi seneng banget ngebentuk rambutku seperti cewe-cewe instagram Indonesia masa kini (ceileh). Rambut hitam atau coklat berkilau yang lurus diatas, lalu ikal/curly cantik di bagian bawah. Mungkin bagi sebagian orang gaya tersebut sudah terlalu basi karena saking banyaknya cewek yang ngebuat rambutnya seperti itu. Tapi aku suka, karena gaya rambut tersebut sekiranya membantu banyak membuat wajah jutek ini terlihat menjadi lebih kalem, manis, dan ramah.
Asik.

Ini rambutku sebelum di smoothing, percayalah di foto ini rambutku baru aja di catok mulai dari akar dan di-curly bawahnya. Dan belum nyampe setengah jam udah awut-awutan gini bentuknya.



Baiklah, jadi aku akan jabarkan terlebih dulu alasan aku meluruskan rambut.
1. Tekstur batang tiap helai rambutku itu tebal dan bergelombang, sehingga membuatnya terasa kasar.
Logikanya, smoothing dasar katanya smooth, berarti bisa buat rambutku jadi terasa lembut dan halus. Uhuk. #cocoklogy
2. Rambutku gampang rontok dan gampang banget kering karena sering kena panas catokan. Jadinya rambut lebih rentan rusak, patah, dan rontok.
Logikanya, setelah di smoothing, rambutku akan jadi lurus sehingga aku gak perlu lagi nyatok dari akar/pangkal rambut. Aku bisa langsung catok curly bagian bawahnya saja.
3. Setiap habis dicuci pasti megar dan kasar banget, walaupun udah pake kondisioner dan vitamin, rasanya gak ngaruh-ngaruh banget.
4. Biar gak ribet nyisir rambut. (Astaga, gadis macam apa aku ini?)

Atas alasan tersebut, aku udah mantep banget mau smoothing rambut. Dan sebenernya... niat aku smoothing rambut ini sudah ada sejak 3 tahun lalu, nyesss. Tapi dari dulu selalu kuurungkan. Jadi smoothing ini kulakukan dengan penuh pertimbangan. *pukpuk diri sendiri*
Aku melakukan smoothing ini di sebuah salon yang tidak terlalu jauh dari rumahku. Aku konsultasi dulu ke salah satu pegawainya yang sering menangani smoothing. Kita bicarain jenis obat yang akan dipakai, ada Makarizo, Matrix, dan L'oreal. Biasanya di kebanyakan salon, smoothing L'oreal yang punya harga paling tinggi dan katanya memang hasilnya alus banget. Mbaknya juga sempet megang-megangin rambutku untuk ngeliat panjang dan ketebalan rambutku.

Terus aku nanya lagi sama mbaknya untuk sekalian ngewarnain rambut, karena mendengar sekarang lagi trend smooth + toning warna rambut.
Kata mbaknya, kalau toning itu hasil warna rambutnya tidak lama, mending di cat biasa saja kalau memang mau ubah warna rambut. Kata mbaknya, kalau mau smoothing lalu cat rambut itu, harus ada jarak 1-2 bulan supaya rambut kita nggak rusak. Aku sempat kecewa, karena niat smoothing dan cat rambut ini buat ngejar sebuah acara, eh taunya harus dikasih jarak yang cukup lama. Tapi kemudian si mbaknya menyarankan supaya rambutku sekalian di cat aja saat melakukan proses smoothing ini.
"Lah kok? Apa gak rusak rambutku nanti?"
Kata mbaknya nggak rusak, tapi memang kalau mau hasil yang maksimal banget lebih bagus ngasih jarak satu bulanan.

Berhubung aku orangnya ngeyel, jadi aku tetep kekeuh untuk melakukan smoothing dan coloring sekaligus dengan modal "percaya aja deh sama mbaknya". Dahsyat sekali mental kamu, nak.
Aku membuat janji untuk melakukan smoothing dan coloring di minggu depan. Berhubung aku orangnya terlalu hati-hati dan agak parno, aku melakukan research kecil-kecilan di google mengenai pengalaman orang-orang saat smoothing rambut. Apa baik-buruknya, apa yang bisa buat gagal, dan semacamnya. Kadang geli sendiri karena aku mencari hal-hal seperti itu bahkan menggunakan keyword yang ngga masuk akal. Yang aku cari malah pengalaman yang gagalnya mulu. Jujur aja aku takut kalau obatnya gak cocok terus rambut aku malah rontok botak semua. Bisa juga rambut aku malah jadi makin awut-awutan, pokoknya serba ketakutan deh.

Akhirnya tiba hari H untuk melakukan smoothing, mbaknya kembali konfirmasi jenis obat pelurus yang digunakan dan menunjukkan chart warna rambut yang aku inginkan. Aku ingin warna cokelat yang tetap kelihatan di dalam ruangan. Dulu aku pernah warnain rambut warna coklat, tapi malah kurang keluar warnanya karena rambut asli aku hitam banget dan batangannya tebal, jadi warnanya kurang masuk. Warnanya cuma kelihatan dibawah cahaya matahari, persis kayak anak yang dijemur matahari karena kebanyakan main layangan. Lalu si mbaknya menawarkan warna 2 tingkat di atas warna yang aku inginkan karena aku nggak mau bleaching, seingat aku warnanya ada nama Mahogany Blonde dari Majirel L'oreal. Heh ada nama blondenya? Aku agak takut warnanya keterangan sih, but dari pengalaman sebelumnya, yaa aku berani-beraniin aja deh buat nyoba.

Proses pun dimulai, yang megang aku itu 2 orang, mbak yang aku konsultasi itu (serius lupa banget namanya, she's so funny dan cablak banget) dan satu lagi mbak Dhea yang cantik bettt, aku yang cewek aja seneng liatnya.
Pertama-tama rambutku dibagi jadi beberapa section, masing-masing pegang bagian kanan dan kiri, lalu mereka memakaikan obat yang tahap pertama, lalu didiamkan sekitar 20an menit, pokoknya katanya cukup sampe rambutnya lentur aja. Setelah itu dicuci, lalu dikeringin secara cepet, rambutku ditembakin hairdryer dari kiri & kanan sama si mbak-mbak itu.
Setelah rambut kering, kedua mbak itu ngecatok rambut aku sedikit demi sedikit sampai lurus dan jatuh, kemudian didiamkan sampai rambutnya dingin.

Proses pewarnaan digabungkan dengan penggunaan obat tahap 2, yaitu obat penetral. Aku ngeliat mbaknya mencampurkan krim netral dengan krim pewarna rambut. Di aplikasikan hanya oleh mbak yg cablak, supaya aplikasi pewarna rambutnya rata. Kata mbak Dhea ntar kalo di pegang dua orang hasil warnanya malah gak rata.
Seingat aku rambutku didiamkan cukup lama, sekitar satu jam agar cat pewarna menyerap ke rambut.

Tapi kayanya nggak sampe satu jam, rambutku di periksa lalu di cuci kembali tanpa shampoo, hanya dibilas saja. Kali ini setelah selesai mencuci cat pewarna dan krim netral, rambutku diberikan obat tahap 3 yang sebenernya adalah kondisioner. Mungkin supaya rambutnya tetap terasa halus kali ya. Setelah dibilas lagi sampai bersih, rambutku kembali dikeringkan oleh kedua mbak tadi, sampai setengah kering.

Ini bagian seremnya, guys.
Setelah setengah kering, ternyata bagian ujung rambutku kering parah dan kusut banget. Sampe susah nyisirnya. Aku sempat panik.
Tapi aku ditenangin sama mbak dhea. Dia menawarkan supaya rambutku digunting saja bagian bawahnya. FYI, sebelum di smoothing, ujung rambutku memang kering parah dan agak rusak karena sering dicatok, lalu bagian bawahnya masih ada sisa rambut yang dulu pernah diwarnain. Jadi ya gitu deh, aku harus pasrah. Padahal alesan aku smoothing salah satunya biar lihat rambutku jadi lebih panjang, tapi yah malah dipotong.
Rambutku dipotong oleh pegawai salon yang lain bernama mbak Tina. Trus aku keinget kalo ujung bawah rambut aku itu modelnya V, lalu aku minta mbak Tina untuk mengubahnya menjadi U.

Setelah dipotong, mereka memakaikan vitamin ke rambutku, mengeringkannya sampai benar-benar kering. Kemudian mereka mencatok rambutku sampai licin. Dan tarrraaaaa, rambutku sudah selesai di upgrade. Hohoho.

Setelah aku lihat di cermin ternyata rambutku tetap lebih panjang sedikit dari sebelum di smoothing, jadi aku seneng-seneng aja sama hasil potongan mbak Tina. Tapi ada yang membuat senyumku tertahan.
Kok, rambut atasku terang banget yak? Apa efek masih ada cat rambut yang nempel di kulit kepala, atau mbaknya emang gak bedain cat di bagian akar rambut? Setau aku, porsi campuran pewarna dan krim developernya beda untuk bagian akar rambut dengan bagian batang.
Dan yang lebih aneh lagi adalah, bentuk wajahku. Aku terlihat semakin kurus dengan rambut yang jadi tipis, lurus, dan jatuh begini. OMG.

Selama perjalanan pulang, batinku gak tenang. Pasti aja nih bakalan diledekin adek dan mama pasti gak bakalan suka sama warna rambut yang lebih terang dikulit kepala, belum lagi wajahku terlihat jadi lebih kurus. Mana bagian bawah rambut bentuknya tajem-tajem. Aku sih tetep mikir positive aja, mungkin karena baru kena catok habis-habisan. Yaiyalah neng, duit udah kepake mah mikirnya nenangin diri mulu biar gak nyesal.
Mana rambut gak boleh dicuci dan diiket sampai 3 hari kemudian. Mau mandi harus ribet dulu sama hair cap yang susah dipake.

Ini foto aku H+1 smoothing & colouring rambut. Mungkin bagi orang yang belum pernah liat rambutku sebelumnya bakalan ngerasa biasa aja. Tapi aku bener-bener ngerasa "kaget" sama rambut baru ini.



H+2 makin menjadi-jadi deh keselnya karena rambut udah berasa lepeeeekkk banget. Kotaku kan panas, jadi aku emang harus cuci rambut sekali sehari, lah ini mana disuruh nunggu 3 hari. Ini rambut bentuknya makin menjadi-jadi deh.

Jadi intinya saat itu kamu nyesal, Ngel?

Nggak nyesel juga sih karena hasilnya di rambutku memang bener-bener aluussss banget. Licin, booo'. Megang rambut sendiri berasa megang kain satin. Dah gitu semua baby hair ku yang biasanya awut-awutan di pinggiran kening, jadi pada kalem dan nurut semua. Aku juga suka sama warna rambutnya (kecuali yang deket kulit kepala) sesuai dengan yang aku inginkan. Coklat yang tetap kelihatan di dalam ruangan.

Akhirnyaaaaa...
Tibalah hari yang aku tunggu. Saatnya kembali ke salon untuk cuci rambut dan masker supaya rambutnya nggak rusak. Gitu sih kata mbaknya kemaren. Aku sih iya-iya aja.
Begitu air kena di kulit kepala, ccsshhh, segarnyaaa. Bayangin, aku harus bertahan selama 3 hari, jatohnya 4 hari malah ya, dengan kulit kepala yang masih ada aroma-aroma obat, lepek, minyakan, dan keringat. Parah.

Setelah pulang masker, warna yang di dekat akar rambut sedikit berkurang "ke-intens-an" nya. Rambut yang lepek dan kuyu banget mulai terlihat lebih hidup. Kalau masalah bentuk wajah ya pasti rasanya berubah yaa, tapi itu karena belum terbiasa aja dengan penampilan yang baru.

Besoknya, tanganku udah jahil aja megang catokan lagi buat ngeritingin rambut. Soalnya tujuan aku smoothing kan memang supaya mempermudah acara catok curly setiap mau pergi ini. Hehehe.
Dan ternyata aku bener-bener jatuh cinta sama rambut yang sekarang.

Setelah smoothing, ada beberapa hal yang menyenangkan buatku.
1. Rambut jadi alus banget
2. Mudah diatur, gak ribet.
3. Gila, aku cuma butuh waktu 5-10 menit buat styling rambut catok curly gitu.
4. Hasil catokan jadi tahan lama banget (asal nggak kena angin kenceng dan panas-panasan ya). Beda sama dulu, udah nyatoknya lama, seniat dan serapi apapun, paling hebat bertahan setengah jam doang.
5. Selama ini aku pakai conditioner sama vitamin itu ya pake-pake aja biar rambut ga makin parah megarnya. Setelah smoothing, walaupun aku gak ganti shampoo, conditioner, dan vitamin rambut, tapi baru kali ini aku ngerasain kalo itu semua emang ngasih hasil yang luar biasa beda banget. Dulu perasaan setelah pake kondisioner ga alus-alus banget kaya gini hasilnya.
6. Kalo gak sempet nyatok, ya tinggal aku iket aja rambutnya ke atas. Biar gak berbekas patah, aku pake ikat rambut yang bentuknya kayak kabel swirl itu.
7. Abis keramas tinggal sisir pake tangan.

Ini dia warna rambut di dalam ruangan dengan pencahayaan cukup, warna coklatnya keluar banget. Apalagi kalo kena matahari warnanya jadi golden brown. Aku suka banget catok curly seperti ini kalo lagi pergi-pergi.



Nggak takut smoothingnya rusak kalau dicatokin keriting mulu?
Selama dua bulan ini, walaupun aku catok keriting, setelah cuci rambut, rambutku akan kembali jadi lurus tajem lagi sebagaimana rambut smoothing. Kalau mau hasilnya terlihat lurus natural, tinggal di blow saja sebentar.
Ini kalau rambut bawahnya diblow sedikit, biar gak kelihatan tajem-tajem, hasilnya kelihatan kayak lurus natural. Di foto ini memang kameranya yang kurang nangkep warna rambut, aslinya lebih terang dari ini,



Kalau yang dibawah ini bukan aku keritingin, tapi bekas sanggulan gitu, trus aku lepasin. Rambutnya tetap bakalan ada bekas-bekas bengkoknya begini. Tapi bisa langsung hilang setelah cuci rambut kok.



Aku seneng banget sudah memberanikan diri nyobain smoothing rambut ini karena rambutku yang rontok juga jauh berkurang, karena bagian akar ga kena catokan panas lagi.
Apa iya rambutku setelah smoothing sebagus itu? Tentu saja nggak, beauties. Bentuk jatuh tajem-tajem gitu gak bakal kelihatan sehat ya kan? Kecuali kalo rambutku dipegang, baru kerasa alusnya. Sebenernya kalo gak mau tajem-tajem, katanya bisa minta tukang salonnya jangan catok rambut kita kuat-kuat sampe jadi lurus tajem gitu. Tapi aku pernah tanya sama tukang salon lain, katanya sayang kalo digituin, hasil smoothingnya rentan gak tahan lama atau cepat balik ke rambut semula.

Oh iya, rambutku juga ada beberapa bagian yang keriting halus kecil-kecil diujungnya, jadi harus tetap rajin rawat rambut. Mungkin ini resiko karena aku ngeyel melakukan smoothing dan coloring sekaligus. Tapi herannya yang begitu cuma di rambut deket kuping kiri dan hanya di ujung-ujung bawahnya aja. Jadi kayak rambut yang disasak gitu. Jelek :(



Padahal rambut yang lain pada baik-baik aja kaya begini.



Aku sih ngerasa senang untuk hasil rambutku setelah di styling pake catokan, tapi kalo lagi ga diapa-apain ya biasa saja bentuknya, lurus tajem gitu.
Kalo diiket suka jatoh-jatoh karena licin. Kalo dicepol biar bagus harus dibantuin pake bobby pin. Kalo mau disanggul harus semprotin hairspray yang banyak karena beberapa bagian rambut suka keluar dan bentuknya kayak kaku tajem gitu. Kaya orang mainin listrik statis di atas rambut. LOL.

My brother tetep kekeuh kalo rambutku bagusan yang lama karena ada volume dan teksturnya. Kalo mamaku lebih permasalahin ke warna. Dia gak marah aku warnain rambut, tapi dia bilang aku lebih cantik dengan rambut hitam. Hehehe, nanti juga kalo udah ga bagus aku ganti lagi warnanya.
Kalau kalian mau smoothing dan warnain rambut, itu terserah dan kembali pada selera masing-masing. Ini aku masih seneng-senengnya aja karena baru dua bulan. Coba aja liat nanti kalo rambut udah numbuh 5-10 cm. Gak tau deh itu rambut yang baru numbuh bakalan berombak-ombak keriting apa gimana. Tau kan rambut orang yang dilurusin terus numbuh yang baru gitu?
Semoga nanti aku kuat menghadapainya, huhuhu.

Yang jelas, kalo mau smoothing, coloring, atau apa aja, pilihlah salon yang kamu percaya dan sering datangi. Jadi kita juga tahu salon itu punya service yang bagus apa nggak. Kalau kita sudah sering lihat pegawainya, kita juga lebih enjoy untuk berdiskusi dan menyampaikan keinginan kita.
Jangan takut untuk mengatakan kepada pihak salon jika ada hal yang kamu rasa kurang di hati kamu. Pilihlah jenis obat dan cat rambut yang menurut kamu terbaik untuk dirimu (bukan berarti yang termahal ya). Browsing yang banyak mengenai smoothing dan colouring sebelum hari H. Tujuannya ya supaya kamu bisa memastikan dan bisa prepare kalau ada yang tidak cocok di hati. Misalnya obat pertama itu biasanya cuma didiamkan sebentar aja, jadi kamu bisa ingetin pegawai salon kalo misalnya dia kelupaan. Kalo kelamaan rambut kamu bisa rusak loh. Terimakasih yaa om Google. Terimakasih juga teman-teman blogger yang mau berbagi cerita, muahhh.



Semoga ceritaku ini bisa berguna bagi teman-teman lainnya yang juga memiliki pengalaman menyebalkan dengan rambut berstekstur yang sulit diatur, dan ingin mencoba untuk smoothing.
See you on my next post.

With love,
XOXO


Share:

33 comments

  1. Hai sis, nice posting :)
    hasil smoothingnya bagus banget ya :)
    aku udah smoothing 6x ini, bru kmrin smoothing, dan besok senin baru bisa keramas..
    oya sis klo boleh tau pakai obat smoothing merk apa? :) krena hasilnya bagus banget di foto, beda sama hasil smoothingku yg terakhir ini :(
    ditungu jawabannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai sis, terimakasih udah baca dan sempetin comment, maaf yaa baru sempat dibales... :)
      Aku pakai obatnya yang L'oreal punya :)

      Delete
  2. Hi sis kalo boleh tau salonnya daerah mana ya? Sama abis biaya berapa buat smoothing+coloringnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, untuk salonnya ada di daerah darma bakti Pekanbaru. Dan biaya yg dihabiskan tergantung panjang , tekstur, dan ketebalan rambut masing2 ya...
      Aku menghabiskan biaya 500ribuan.

      Delete
  3. Hi kak, cantik banget ya hasilnya. Aku sama kyk kakak, udh dr bbrp tahun lalu mau smoothing tp selalu ragu dan takut. Btw ini salonnya dimana ya kak? Dan biaya berapa smoothingnya? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, untuk salonnya ada di daerah darma bakti Pekanbaru. Dan biaya yg dihabiskan tergantung panjang , tekstur, dan ketebalan rambut masing2 ya...
      Aku menghabiskan biaya 500ribuan.

      Delete
  4. Cantik sekali hasilnya sis, mau tanya dong, itu yang step 2 kan di campur sama cat rambut, itu chat rambutnya di campur developernya juga tidak ya sis??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pencampuran developernya aku kurang tau sis, soalnya aku rabun jadi dulu ga fokus liat krimnya. Hehehe.

      Delete
  5. Sis kalo misal smoothing sekalian coloring, kalo dikasih warna semacam pink atau merah terang kliatan apa ga ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau warna pink atau merahnya keliatan setau aku harus bleaching sis biar warnanya keluar. Kalau menurutku bleaching kayaknya gak bisa gabung sama smoothing. Soalnya kasian bakalan rusak banget ntar rambutnya.
      Semoga membantu yaa...

      Delete
  6. Hai sis, hasilnya bagus banget ya. Kalau colouring rambutnya pake merk apa ya sis? Aku juga suka warnanya, kalau boleh tau warna apa sis? Soalnya aku juga dari dulu mau smoothing+color tapi gk jadi karna takutnya rambut pada rontok, soalnya kan rambut aku tipis jadi takut botak gitu. Tapi rambutku juga sama kayak sista, suka susah diatur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Cadis.. Disini aku pakai L'oreal sama dengan obat smoothingnya. Rambutku juga rontok banget. Tapi setelah smoothing mayan berkurang sih karena jadinya aku jarang nyatok tiap hari.

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Bnr bgt lah. Hasil akhir smoothing itu bgs bgtm rmbut yg tdx mbegar g bebentuk, jd lurus kalem alus..tp yaampun menyiksa bgt ini proses ngasi obat+netralin + catok. Pas ngobat trecep2, antara perih,panas, ama mint.kyk pada luka2 gt dikepala. Klo pas catok,jg sakit smua,bnyk rambut kecabut, liat di lantai, bnyk bgt betebaran. Ya tuhan.. rambutku yg berharga.. untung di kepala stok nya msh bnyk krn tebel (makanya paling soro/capek tu mb nya pas catok, tebel bgt).. pas lg proses nyakitin ini, dlm hati kyk udah ini trakhir..gmw lg. Tp gtw ntr..wkwkwkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu aku catok nggak ada rasa cekit-cekit gitu sih sis, palingan agak panas di kulit kepala aja karena nyatoknya deket akar gitu. tapi emang suka bgt sama hasil smoothing. ini juga aku mau smoothing lagi kayanya. Hehehe.

      Delete
  9. Kira2 tumbuh rambut lamanya berapa lama kak?

    ReplyDelete
  10. Hai cantik,save ya wa ku,0855-7977-901..😊

    ReplyDelete
  11. its really helpfull.. thankyou very much for share it🖤

    ReplyDelete
  12. Hai sist mau tanya smoothing and cat rambut abis berapa duit waktu itu ?? Thanks ngomong2 postingannya bagus banget

    ReplyDelete
  13. Sist smothing and cat rambut gpp ? Dalam sehari?
    Ada efek rusak gak? Setelah melakukam itu ?
    Tolong di jawab ya

    ReplyDelete
  14. after smoothing rambutnya jadi terlihat lebih sehat yah sist

    berita transfer

    ReplyDelete
  15. Hu sistem, terimakasih artikel nya sangat membantu sekali..hasil nya amazing banget..👍👍

    ReplyDelete
  16. Aaaaaaaaaaaaaaaaaaaa....
    Jadi tambah pengen di smoothing dan colouring😍😍

    ReplyDelete
  17. Sama kayak pengalaman aku nih kakaknya . Pas baca sambil senyum2 sendiri🤣😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. deg deg an yaaa, takut hasilnya gagal. hehehe

      Delete
  18. sis boleh minta IG nya gak ya?

    ReplyDelete
  19. Kak, kalau diwarnain dulu terus sebulan kemudian langsung smooting rambut gak akan rusak?

    ReplyDelete
  20. Tips perawatan rambut biar gak rontok abis smooting apa kak?

    ReplyDelete
  21. Artikel yg bermanfaat sekali, sy ada rencana dekat2 ini mau smoothing lagi sudah 4 kali smoothing dan mau warna rambut untuk pertama kali. Kalo boleh tau setelah smoothing dan warna, perawatan rambut nya setelah itu pake sampo atau vitamin apaa

    ReplyDelete