#58 My Skin Diary: The Acne Fighter

Hari ini aku mau melanjutkan kembali artikelku tentang My Skin Diary: Acne. Mungkin bagi beberapa orang kesannya kok lebay banget yaa? Masalah jerawat gak parah-parah banget tapi cara nulisnya sampe kayak gitu. Hohoho. Jadi waktu jerawatan tahun 2011 itu aku memang lagi labil dan lebay, kayaknya pengaruh hormon tinejer sih. Puberty ku agak telat soalnya, hahaha. Aku memang sengaja nulis dari sudut pandang gimana gundah gulana dan paniknya diriku yg labil dulu itu. Nah, seperti yang sudah kalian baca di artikel sebelumnya, masalah jerawatku ternyata belum tuntas, bahkan hingga detik ini. Tapi tenang, yang kali ini aku nggak lebeh lagi. Masa puberty-nya udah lewat dan ini pengalaman kedua jerawatan jadi udah agak-agak lebih kalem gitu lah yaa ngadepinnya. Pengalaman membuat kita belajar banyak, ya gak sih?

 (Semua yang ada di post ini adalah pengalaman pribadiku. Aku bukan ahli kecantikan dan kulit, jadi penjelasanku hanya seadanya saja sesuai dengan yang aku tahu. Tujuan post ini untuk saling sharing dengan teman-teman yang mungkin punya masalah yang sama.)

Jadi, setelah cukup sembuh dari jerawat di tahun 2012, aku bener-bener lalai dalam menjaga kondisi kulitku sehingga di tahun 2014 aku kembali berjerawat bahkan lebih parah dari sebelumnya. Jerawat kali ini lebih besar-besar, lebih banyak, lebih sakit, bahkan hingga ke leher. Seumur-umur ngalamin jerawatan, baru kali ini aku sampe jerawat di leher yang - aku rasa kayaknya - bukan daerah yang rawan jerawat. Leher itu kan nggak berminyak, pori-porinya juga kecil dan jarang tertutup makeup. 


Di saat jerawat itu datang lagi, aku memutuskan untuk tidak langsung kembali ke dokter kulit yang dulu. Aku rasa harus ada yang dirubah dari pola hidupku atau skincareku atau apa saja. Rasanya tidak puas kalau jerawat ini hilang karena obat si dokter. Istilahnya jadi kayak ntar kalo jerawat datang, ke dokter lg aja, bakalan ilang juga kok. Hhmmm, rasanya jadi seperti ketergantungan aja.

Aku mulai mencoba beberapa produk drugstore khusus jerawat yang aku lihat, baik dari tv, internet, bahkan saat ngeliat langsung di rak drug store. Ada banyak yang aku coba tapi yang paling aku inget jelas adalah produk dari Hada Labo, Nourish Skin, Clean n Clear, Acnes, dan Wardah. Aku lebih memilih drugstore karena emang mikir banget buat beli yang pricey, soalnya belum tentu cocok. Aku coba pakai Acnes series karena pernah denger temennya temenku jerawatnya hilang karena pakai Acnes, dan yaaa semuanya aku beli. Mulai dari foaming wash, UV tint, gel jerawat, gel penghilang bekas jerawat, acne point clear, sampai clay mask-nya. 


Tapi apa efeknya? Sorry to say, produk-produk ini tidak menyembuhkan jerawatku. Ada beberapa yang aku suka tapi yaaa gak sampe "wow" banget yang menunjukan tanda-tanda membaik dari kulitku. Tapi aku rekomendasiin si foaming washnya Acnes soalnya dia buat jerawat jadi lebih cepet kering. Aku juga mengkonsumsi Nourish Skin yang klaimnya bisa membantu mengatasi jerawat dan kulit berminyak. Tapi yahhh, udah minum lebih dari dua bulan, tetep gak ada efeknya. Karena tidak sabar, aku mengganti skincareku dengan Wardah acne series. Kali ini aku hanya beli dua produk yaitu face moisturaizer dan acne gelnya. Sorry, aku gak ada foto produknya karena waktu itu bener-bener udah gak minat untuk blogging tentang beauty things karena kondisi kulit yang nggak banget. Setelah menggunakan Wardah selama beberapa minggu, tetep aja rasanya muka aku masih risih banget. Gak ada kemajuan.




Aku juga pernah dapet resep dari adik sahabatku yang kuliah keperawatan dan dikasih resep ini. Jadi yang kapsul itu gak diminum, tapi diambil isinya sebanyak 3 kapsul lalu dicampurkan dengan si cream dari tube kecil itu terus di olesin ke bagian jerawatnya aja. Katanya biar jerawat cepet kering. Kakaknya dia (sahabatku itu) juga pakai ini karena kami sama-sama lagi jerawatan. Memang lumayan kering sih jerawat yang sudah ada, tapi yang baru tetep aja muncul dari dalem, jadinya ya gak tuntas-tuntas deh masalah jerawatnya.




Ada masa yang lebih parah dari jerawat di foto ini, tapi aku nggak ada ambil fotonya.

Akhirnya aku tiba di satu titik, dimana aku bener-bener udah capek buat milihin skincare. Kebetulan ada salah satu temen yang juga bermasalah sama jerawat, dia juga bingung mau pake apa. Jadi semua skincare yang masih banyak aku kasihin ke dia, siapa tau dari produk-produk itu ada yang cocok buat dia, tapi sayangnya enggak cocok di aku. Soalnya pengaruh skincare itu cocok-cocokan banget di setiap orang.

Aku rasa kulit wajahku udah terlalu capek menerima produk ini itu yang berganti-ganti. Jadi aku mau istirahatin kulitku dari segala macem produk kecantikan, baik skincare maupun make-up.
Akhirnya yang aku pakai satu-satunya hanyalah sabun cuci muka Clean & Clear Acne Cleanser. Setelah cuci muka, biasanya aku bilas lagi wajahku pakai air aqua. Aku ambil segelas dari dispenser, terus aku pakai untuk basuh muka. Kesannya boros, tapi berhubung ini sarannya si emak yaudah aku ikutin aja. Mama takut air dari keran kamar mandi rumah kurang steril atau gimana. Jadi yah buat jaga-jaga aja sih.
Untuk menjaga kelembaban kulit karena tidak ada moisturaizer yang aku gunakan saat itu, aku pakai masker dr tomat ataupun wortel yang dihaluskan dan dicampur dengan madu dan jeruk nipis.

Setelah proses itu aku lakukan hampir sebulanan, jerawatku mulai membaik, masih banyak sih tapi mulai berkurang satu persatu dan sudah tidak terlalu besar-besar. Rasanya lumayan seneng, soalnya justru waktu kita nggak musingin harus pake ini atau itu, malah kulitnya jadi lebih membaik. Untuk hasil yang lebih total lagi, akhirnya aku memutuskan untuk kembali lagi ke dokter kulit, di RS yang sama dengan yang sebelumnya.

Ternyata kali ini aku ditangani dokter yang berbeda, yaitu seorang dokter wanita bernama dr. S karena dr.I yang dulu menanganiku sudah tidak praktek di RS tersebut lagi.
Dokter memeriksa wajahku dan katanya jerawatku tidak terlalu parah (ya jelas aja saat aku datang itu udah much, much, much better dari kondisi yang sebenarnya). Kali ini aku diberi resep sabun cuci muka, cream pagi dan malam, dan cream matahari.

Dan apa saja larangan dari sang dokter?
Intinya sama dengan nasehat dokter yang kemarin tapi kali ini menurutku lebih detail. Yang jelas, gak boleh pakai make-up. Bye-bye BB cream, foundation, concealer, dan bedak.
Tidak boleh makan yang terlalu berminyak, banyak minum air putih, jangan makan yang mengandung MSG dan pengawet (yakkk, bye-bye chitato, lays, cheetoz, dan kawan-kawan. OMG, I cannot). Aku juga nggak boleh banyak makan yang terlalu manis dan yang banyak mengandung garam, termasuk minuman soda. Karena kata dokternya di dalam soda itu banyak mengandung garam dan gula berlebih. Lagian makanan begitu emang gak bagus buat badan, gue malah diceramahin sama dokternya ditambah lagi mamah yang nge-iya-in dan ikut-ikutan ngomel.

Saya cinta Coca-Cola loh, dok. Okay, sampe disini yang mau bilang mulut dan perut gue sampah banget, silahkan. I love junk food, fast food, apalah namanya. Huhuhu. Tapi yah, kali ini demi dapet kulit wajah yang mulus dan badan yang lebih sehat, ini semua harus diniatin. 

Aku memeriksa cream apa saja yang diberikan dokter daaaannn ulala~ ada yang ngebuat aku bahagia. Cream pagi dan malam dari dr. S ini bentuknya berupa gel transparan. Jadi ini bebas dari rasa sticky, oily, greasy dan semacamnya yang aku rasain dengan cream dr. I dulu.


Kenapa ya kemasan cream dokter tricky banget. Kirain isinya banyak, ga taunya wadah di dalem melengkung cetek gitu. Sediihhh.
Aku juga rajin sebulan sekali datang melakukan chemical peeling dan masker di klinik kosmetik medik RS tersebut. Dan percaya nggak? Walaupun aku beberapa kali masih makan fast food, tapi aku bener-bener stop minum coke dan udah jarang banget nyentuh yang namanya chiki-chikian like lays dan chitato, mereka semua para mantan-mantan terindahku. Aku juga menghindari yang namanya mie instan. Sampe-sampe kalo ngidam mie instan pergi makannya diluar. Kalo masak sendiri ntar pasti beli lebih dari sebungkus buat di stock besok-besoknya. Kekeke.

Ini wajahku setelah pakai cream dokter kurang lebih dua bulan. Udah lumayan bangetttt.
Dan ini adalah rangkuman dari beberapa kebiasaan burukku dulu yang memungkinkan jerawat tetap betah selain masalah hormon.

1. Mengganti skincare dan make-up secara tiba-tiba.
Buat kamu yang kulitnya sensitif dan cenderung jerawatan, jangan pernah ganti skincaremu secara tiba-tiba. Dulu karena aku stres dan ngerasa semua skincare yang aku coba sama aja dan gak ada hasilnya, aku jadi lebih gampang tergoda untuk mencoba yang baru, Padahal, kalau dipikir-pikir kulit kita kan juga butuh adaptasi sama sesuatu yang baru dan si kulit malah jadi stres karena harus beradaptasi berulang-ulang.

2. Memakai produk whitening saat jerawatan.
Ternyata, kita nggak boleh pakai produk yang berfungsi untuk memutihkan atau mencerahkan wajah di saat jerawatan. Aku kurang paham detailnya bagaimana sih. Mungkin karena produk lightening dan whitening itu biasanya ada efek exfoliate-nya untuk menggantikan si kulit kusam sedangkan kulit berjerawat tidak boleh di exfoliate karena takutnya ngebuat kulit berjerawat makin meradang.

3. Scrub saat jerawatan.
Dulu, aku pikir scrub akan membantu untuk ngeluarin si jerawat-jerawat kecil yang ada di kulit. Tapi ternyata, scrub di saat kulit sedang jerawatan itu cuma memperparah keadaan. Kulit akan semakin meradang. Jadi walaupun udah ada scrub super halus yang katanya gak masalah untuk kulit sensitif, ya tetep aja kalau aku lagi ada jerawat, aku tahan buat nggak scrub atau exfoliate wajah. Tahan dulu sampai jerawatnya membaik, baru deh aku berani scrub untuk ngangkat si kulit mati.

4. Menyentuh, memencet dan mengeluarkan jerawat secara paksa.
Jangan pernah sentuh jerawat kalian kecuali saat cuci muka dan saat pakai skincare. Pokoknya jangan, jangan, JANGAN!!! Aku tau rasanya gatellll banget megangin jerawat yg lagi nyut-nyutan atau jerawat yang udah mau meletus (?) Tapi ini demi kebaikan kulit. Jangan pernah ngeluarin jerawat secara paksa karena nanti bakalan berbekas. Pokoknya biasain aja tangan untuk nggak menyentuh daerah wajah. Biarin aja jerawatnya sampe mateng dan isinya keluar/pecah sendiri.

5. Kurang tidur
Aku orangnya emang susah tidur cepet, ternyata kurang istirahat berpengaruh banget sama kondisi kulit. Soalnya di saat tidur itu waktunya kulit beristirahat dan ber-regenerasi. Karena kulit kurang istirahat, jadi kondisinya nggak prima dan akhirnya, buat orang yg kulitnya sensitif dan acne prone makin gampang terkena jerawat. Dan kalau aku kurang tidur, itu udah pasti jerawat kecil-kecil kayak biang keringat nangkring di jidat.

6. Stres
Nggak usah muluk-muluk masalah stres ini itu. Stres mikirin si jerawat aja bisa memperburuk kulit loh. Makin aku pikirin jerawat di muka aku, makin aku stres tiap kali berkaca, makin banyak juga jerawat baru yang tumbuh di wajahku. So, rawat kulit dan tetap tenang dan yakinkan kalau kulitmu akan membaik seiring waktu.

7. You are what you eat
Yes... Ini harus bener-bener kalian perhatikan. Makanan berminyak, berlemak, terlalu manis, terlalu banyak garam, makanan kemasan berpengawet, semuanya bisa memicu jerawat. Apalagi aku mukanya normal to oily, sering aktifitas di luar ruangan, kena debu segala macem, ditambah makan sembarangan kayak aku gini. Gimana nggak panen jerawat coba?
Sesekali boleh kok, yang penting kurangin porsinya dan imbangi dengan buah dan air putih. AIR PUTIH! Guys, ini seriusan paling ampuh buat masalah kulit. Cobain deh selama seminggu kurangi konsumsi gula, produk susu (dairy), dan makanan berminyak, terus minum air putih yang banyak. Sebenernya T-zone aku terutama di dahi kayak ada banyak jerawat kecil -kecil yang nyebar kayak bruntusan gitu. Walaupun dari jauh gak terlalu kelihatan, tapi kalau diliat dari dekat kayak parutan. Kayak punggung bayi yang kena keringat buntat. Tau kan?
Nah... jerawat-jerawat kecil itu perlahan hilang hanya karena aku banyak minum air putih. Jadi, buat kamu yang punya masalah dengan jerawat, kamu harus perhatiin apa aja yang kamu makan.

8. Jaga kebersihan
Bukan sekedar cuci muka 2x sehari. Kebersihan disini harus lebih detail lagi. Sehabis cuci muka, aku pakai toner bukan hanya supaya wajah seger tapi juga buat mengangkat kotoran yang tersisa. Kadang dari air ataupun dari handuk itu juga bisa ada kotoran yang masih nempel.
Sarung bantal juga harus rajin diganti. Kebersihan rambut juga harus dijaga, jangan sampe rambut yang lepek dan berdebu sering nempel-nempel ke muka.
Sebelum kamu cuci muka, jangan langsung naro facial foam ke tangan terus di cuci ke wajah. Kamu harus pastiin dulu kalau tangan kamu bersih sebelum nyentuh wajah. Jadi kata Daesung Bigbang, kita harus cuci tangan dulu sampe bersih, baru deh boleh nyuci muka pake facial foam.

Dan yang paling penting buat ngatasin jerawat sebenernya adalah kesabaran dan motivasi. Dua ini adalah hal yang menurut aku paling penting. Harus ekstra sabaaar banget kalo punya kulit wajah yang gampang jerawatan. Sometimes pasti ada rasa iri sama orang yang mau makan apa aja, yang pake produk apa aja, dan yang masa bodo dengan kebersihan kulitnya malah punya kulit yang mulus. Itu semua nggak guna. Mau gimana lagi kan, aku memang punyanya kulit yang sensitif dan gampang jerawatan gini jadi aku gak bisa paksain pola hidup orang lain di kulitku yang manja dan hobinya ngambek. Jadi ya sabar-sabar aja karena harus perhatiin skincare dan makanan lebih hati-hati. Harus sabar buat bersihin muka sebelum tidur walaupun badan udah rontok dan pengen tidur banget.
Dan waktu kesabaran aku mulai habis, disinilah aku harus mengingat kembali motivasiku supaya tetep kekeuh sama prinsip. Hufff pake t.

Motivasi ku? Dimulai dari salah satu temen yang minta di dandanin, dan ya ampun, kalian harus rasain gimana nyentuh kulit wajah orang yang bener-bener halus, lembab, dan mulus, berbanding terbalik dengan saat kamu pegang kulit wajahmu sendiri yang jerawatan. Sedih guys, sedih... Ditambah lagi, aku punya adek-adek cowok yang lebih mirip alien dan monster, yang kalo ngomong nggak ada sensornya. Bayangin aja, kalian udah stres sama kulit wajah sendiri, dan mereka enak banget ngomong, "Ih, cewek kok mukanya jerawatan gitu. Jangan minum ini, jangan jajan itu, kebanyakan pake ini, pake itu. Udahlah kaakk, kakak perhatiin aja jerawat kakak. Cemilannya buat aku aja ya." Semuanya disebutin satu-satu, pedih coy... pedih. Walaupun pedih tapi itu aku anggap sebagai motivasi aja sih. Biar ntar bisa kutempeleng atu-atu sambil bilang, "Kalian liat nih ya, mukaku udah mulusan."
Tapi motivasi terbesar sebenernya adalah...supaya aku bisa lanjutin nulis di beauty blog ini lagi. Huhuhu, sayang banget sama kamu, Et... Soalnya kan kalau review produk apalagi yang buat kulit wajah bakalan nunjukin bare face yang gak boleh di edit belum lagi foto-foto narsis bersama si produk. Waktu jerawatan kemaren aku jadi males banget nge-blog. So, buat kalian yang pengen ilangin jerawat, carilah motivasi terbesar sebagai penyemangat. Gebetan ganteng misalnya. Uhuk!


Jerawat sudah hilang tinggal sedikit di daerah pipi dan beberapa muncul di dahi.
Disini aku hanya pakai pelembab dan compact powder.
Jadi si cream dokter ini aku hentikan di sekitar bulan Juli 2015. Dan di foto atas ini aku sudah mulai lepas dari produk perawatan dokter. Yang aku pakai hanya cream malam si dokter saja untuk di totol-totolin ke jerawat yang suka bandel. Seneng banget karena udah nggak perlu lagi dandan tebel buat nutupin jerawat.

Nahhhh, kalau aku kurang minum air putih, kurang tidur dan makan sembarangan, T zone aku pasti muncul jerawat kecil-kecil yang banyak gitu.
Nah, kalau dari jauh kesannya mulus dan gak ada apa-apa. Padahal sebenernya daerah jidat dan sekitaran idung aku banyak jerawat kecilnya kayak bruntusan
Ini kuambil waktu baru bangun tidur. Minyak di wajah aku lap pake tissue dan langsung jepret jepret.
Sebum alami di muka setelah seharian panas-panasan buat kulitku jadi glowing.
Foto di atas aku ambil karena ada temen mama yang nanya aku pake bedak apa, kok kulitnya jadi bagus. Aku jadi penasaran buat foto kondisi kulitku lagi. Padahal disitu aku cuma pakai Cathy Doll Ready To White Lotion sama bedak Maybelline White Superfresh. Kalau kulit gak mulus itu rasanya kesel banget. Padahal kita cuma pakai bedak tipis, tapi berasa tebel banget karena kayaknya si bedak ini numpuk di sela-sela daerah wajah yang nggak rata. KZL.

Yaaa, itu dia masalah jerawatku, beberapa kebiasaan buruk ku dan beberapa solusi yang bisa aku berikan sesuai dengan pengalamanku. Yang jelas, kalau kamu jerawatan, jangan langsung stres, it's normal. Nggak ada hasil yang instan sekalipun kamu ke dokter SpKK. Cream dari dokter itu awalnya kayak gak ngefek dan tetep buat jerawatan. Baru berasa berkurang setelah pakai sekitar 4-6 minggu. Itupun mulai berkurang aja loh yaa, belum sembuh total. Proses totalnya seperti di kulitku yang memang acne prone begini bisa nyampe setahun. Liat sendiri kan perubahannya emang lama? Itupun ga bisa cuma ngandelin cream dokter doang, harus bener-bener ubah gaya hidup dan concern sama kebersihan wajah. Sampai sekarangpun aku masih suka numbuh jerawat kalo lagi PMS, kalo makan sembarangan, kurang minum air putih, atau kurang tidur. Sampe sekarang aku juga masih hati-hati buat pake produk ini itu, cobain ini itu. Tapi yaa, sekarang udah much better, dan gak terlalu worry lagi. Karena aku udah nemu solusi masalah kulitku yaitu air putih yang banyak. Dan ini kondisi kulitku beberapa bulan belakangan ini.





Kalau kamu nggak pernah jerawatan sama sekali itu harus tanda tanya kenapa sampe-sampe bakteri atau kuman males nempel di kulit kamu. Mungkin kamu harus cek cream perawatan kamu. Pleaseeee banget jangan beli cream dokter yang gak jelas. Di bilang ini creamnya si dokter X, si dokter Y, atau siapa. Jangan mau beli. Kamu harus konsultasi langsung sama dokternya. Karena walaupun sama-sama jerawat, tapi masalah di setiap orang itu beda-beda. Dan menurutku kalau kamu jerawatan dan takut nyoba sana sini, kamu lebih baik nemuin dokter SpKK dari pada dokter estetika (kecantikan) atau ke klinik-klinik kecantikan gitu yaa. Daannn, cream perawatan jerawat dari dokter itu gak buat kulit jadi putih yaa, darl. Soalnya dokter bakal concern buat selesaiin masalah jerawatmu dulu. Jadi kalo ada cream yang gak jelas yang bilang bisa hilangin jerawat dan putihin kulit itu kalian harus bener-bener cek. Karena dari yang aku baca dan dikasih tau sana-sini juga perawatan kulit berjerawat itu gak boleh digabungin sama lightening atau whitening.
Banyak yang bilang cream dokter itu buat ketergantungan dan buat kulit tipis. Yang aku rasain selama ini sih enggak. Dan dokternya pun bilang kalau masalah jerawat kita udah hilang ya gak masalah berhenti pake. Asalkan makanan, stres, dan tidurnya terkontrol. Tapi kalau kamu mau lanjut perawatan lain kayak hilangin bekas jerawat atau mencerahkan ya si dokternya punya rangkaian perawatan lain buat kamu.

Semua saran yang tertera di post ini adalah pengalaman kulitku dan aku bukan ahli masalah kulit wajah. I just wanna share it, siapa tau bisa bermanfaat buat yang baca. Mungkin kalian sudah tahu semua cara ini secara garis besar tapi siapa tau ada satu dua hal yang terlewatkan jadi kita bisa saling sharing. Dan tentu aja nulis beauty post tentang "My Skin Diary" ini adalah kepuasan tersendiri bagiku karena (bisa dibilang) cukup berhasil menyehatkan kembali kulit wajahku. So yaaaah, kalau ada kekurangan dan ketidak cocokan di post ini mohon dimaklumi yaaa.

With Love,
XOXO

Share:

27 comments

  1. Aduh setuju banget deh sama poin-poin diatas. Kulitku nggak acne prone, tapi sempet jerawatan parah juga gara-gara pola makan nggak karuan. Sekarang makan masih nggak karuan juga sih, tapi udah dibanyakin minum air putih. Hasilnya mayan lah... Btw itu sampe bekas-bekasnya udah ilang juga ya. Kebayang banget itu yang mesti jaga makanan... Keren lah, kalo aku belum tentu bisa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bekas jerawat yang lama kayaknya udah ilang, tapi kan setiap bulan PMS dateng lagi 2-3 jerawat. Yang kayak gini bekasnya tiap bulan di perbarui gitu jd tetep aja mukanya ga bersih total. Hahaha. Aku sebenarnya berat nahan gak makan ini itu, soalnya liat dikit aja langsung kepengen ngunyah. Agak ajaib juga bisa dapet niat sampe mau nahan makan ini itu. :') :')

      Delete
  2. mba sebaiknya fotonya di tulis alamat blog kamu soalnya suka di curi buat olshop dijadiin testi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti aku mau ganti sama foto yang udah ada watermarknya, soalnya kemaren ngepostnya buru-buru dan fotonya banyak bgt. Hehehe.. Makasih sudah diingatkan...

      Delete
  3. Replies
    1. Sama-sama, Irene ^^ terimakasih juga udah baca blog aku :) :)

      Delete
  4. Ah, mulus banget. Sampai bekasnya hilang. Aku bekasnya masih susah banget terus jerawat kecil-kecil masih sering tumbuh sih sekarang.

    rima-angel.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bekasnya itu aku rajin scrub 2-3 kali seminggu, biar kulit mati yang di bekasnya itu ganti sama kulit baru terus. Aku buat scrubnya sendiri pakai greentea. Aku pernah buat postingan DIYnya juga. Boleh dicoba kalo kulitnya gak bermasalah sama greentea. ^^

      Delete
    2. Ah, green tea ya, aku cocok kok pake green tea. Btw, judul postingannya apa? Mau ngikut bikin di rumah ah.

      Delete
  5. keren bangeet bisa musnah gituu.. aku juga kalo kurang minum, di dahi muncul bruntus. air putih tuh debest banget ya haha. good for you aku dulu juga jerawatan^^

    mampir yuk, www.blackxugar.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untung aja bisa musnah, walaupun butuh waktu setahun lebih :( pokoknya air putih sekarang gak boleh lupa. Terimakasih sudah mampir dan komen :)

      Delete
  6. Waaahh mupeng banget bisa hilang gtu bekas scarnya.. Ini cuma pake krim dokter doang? Ada treatment lain ga? Misal laser, facial atau apalah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo mba Tuty~ Krim dokternya cuma untuk hilangin jerawat aja. Kalau mau ilangin bekasnya konsul ke dokter lagi biar perawatannya diganti. Waktu masih treatment jerawat dulu, setelah jerawat yang gede-gede hilang, aku sebulan sekali chemical peeling di RS bersangkutan. Membantu banget untuk hilangin bekas jerawat. Tapi aku cuma chemical peeling sekitar 3-4 kali saja. Sisanya rajin-rajin scrub di rumah pakai scrub buatan sendiri (2-3 kali seminggu), supaya kulit mati yang ada di bekas jerawat ganti sama yang baru. :)

      Delete
  7. aaah aku belom ilang jerawat nakalnyaaaa.... kebanyakan stress kali ya. aku udah pernah tuh melewati fase beli skincare jerawat komplit, ga ada yang ngaruh, boros iya. yang penting sih mengetahui kenapa bisa jerawatannya jd penanggulangannya tepat *cie hehehe. pengen banget ga jerawatan lagiii huhuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, fase cobain skincare ini itu emang paling nyebelin. Soalnya tiap kali coba yang baru pasti puya ekspetasi dan harapan lebih. Gak taunya malah gak ngefek. Coba banyakin istirahat sama refreshing, mungkin jerawatnya bisa jadi kalem. Ayo semangaatttt ^^

      Delete
  8. Aku sih udh 1 thun pke produk dari facial wash,toner,serum,pelembab cream pagi atau mlam gak pernah muka bersih2 apa lagi bekasnya 😣😣😣

    ReplyDelete
  9. acne fighters banget, infonya sangat bermanfaat kak


    bantu visit kita dengan klik di sini ya, terimakasih :)

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Pengalaman kamu hampir sama kaya aku,aku juga acne fighter beruntusan,pori2 gede dan bekasnya aku juga share pengalaman aku di blog aku,tinggal klik aja --> REROUTINE

    ReplyDelete
  12. artikel yang menarik sekali, kebetulan bagi Anda yang mau menjual produk-produk kecantikan namun terkendala dalam marketingnya, saya punya solusi yang bisa menjadi rujukan Anda. contoh copywriting produk kecantikan, yang menarik perhatian dan bisa meyakinkan calon pembeli.

    ReplyDelete
  13. Keren bgt bisa mulus begitu persis kaya muka ku (foto yg berjerawat) pake segala macam skincare buat jerawat tetep aja masih byk padahal suka bgt minum air putih bahkan lagi tidur pun sering minum,mungkin pola ngemil yg harus di rubah

    ReplyDelete
    Replies
    1. jerawat kalo udah bandel ga bisa cuma sembuhin dari luar aja. harus dr makanan yang masuk harus dipilah pilah lagi.

      Delete
  14. mba blh tw kmrn di rs mana? mupeng sama hasilnya hehe

    ReplyDelete
  15. Woooww kerenn..btw itu perawatan di dokter mana..please info

    ReplyDelete
  16. Perawatan di dokter mana, butuh bgt rekomen ini, please

    ReplyDelete