My Journey with Rata - Rapikan Gigi Tanpa Behel

Kali ini aku mau cerita tentang pengalaman perawatan merapikan susunan gigi, nih. Jadi dulu waktu kecil, aku sempat takut banget ke dokter gigi dan ngerasa tempat duduk dokter gigi itu menyeramkan. Tapi setelah dewasa aku jadi sadar dan merasa kalo perawatan gigi itu sangat penting karena berpengaruh pada penampilan. 
 

Awalnya aku kepikiran untuk pakai behel. Tapi behel kan tidak murah, harus kontrol ke dokter gigi setiap bulannya. Terus akhirnya aku sempat lihat tentang clear aligner Rata di sosial media dan rata.id yang katanya bantu meratakan gigi behel, lebih cepat dan tanpa mengganggu penampilan. Beberapa influencer terpercaya yang aku tahu pun banyak juga yang review rata.id. 
  
Konsultasi awal bersama drg. Sharlen 
  

Akhirnya aku memutuskan untuk coba perawatan gigi dengan aligner gigi dari Rata, berharap bentuk gigi jadi lebih rapi dan bisa buat diri lebih percaya diri lagi. Aku melakukan booking di Call Center Rataa via Whatsapp. Setelah itu aku menjadwalkan konsultasi awal di klinik Rata Kelapa Gading yang bertempat di Ruko Inkopol tepatnya di depan MOI pada tanggal 01 Juni 2022 pukul 10 pagi. 
Ngga perlu menunggu lama, aku langsung dipanggil menuju ruang tindakan. Aku ditangani oleh drg. Sharlen. Dokter Sharlen memeriksa kondisi gigiku, dan menanyakan apa yang ingin aku perbaiki dari susunan gigiku saat ini. Untuk susunan gigi sebenernya sih aku ga ada masalah banyak, hanya aja jujurly nih, aku ngerasa kalo gigi aku itu rada tonggos, jadi rada majuan gitu rahangnya, hahaha. 
Untuk gigi bawah, ada taring yang agak membelok. Setelah melihat kondisi gigiku, aku melakukan tindakan scaling untuk membersihkan karang gigi. Aku juga melakukan tindakan pencabutan sisa akar gigi untuk geraham belakangku. Setelah pencabutan akar gigi selesai, gigi kita difoto terlebih dahulu. Setelah itu dilanjutkan dengan pencetakan gigi. 



Proses Cetak Gigi dan Slicing Gigi 
  
Gigi ku dicetak rahang atas dan bawah secara bergantian menggunakan blue clay. Proses ini dilakukan beberapa kali sampai mendapatkan cetakan yang tepat untuk gigiku, soalnya gigiku itu pendek-pendek. Setelah proses pencetakan, sesi konsultasi awal di klinik Rata sudah selesai dan kita bisa pulang. Kita harus menunggu sekitar seminggu untuk dikirimkan video simulasi 3D pergerakan gigi kita saat menggunakan aligner Rata. 
  
Setelah seminggu, aku dikirimi video perkiraan pergerakan gigi oleh pihak Rata. Video berdurasi sekitar 30 detik ini menunjukkan pergeseran dan pergerakkan gigi kita nantinya. Aku juga diberitahu oleh pihak Rata bahwa kasus gigiku ini membutuhkan slicing dan pemasangan attachment. 
Slicing adalah pengikisan gigi untuk mendapatkan ruang gerak untuk ruang pergeseran posisi gigi. Tapi tenang aja, karena slicingnya ga sampai 0.5mm jadi gigi kamu ga bakal kelihatan aneh. Sedangkan attachment adalah pemasangan tambalan berbentuk kotak kecil untuk menahan aligner dan membantu pergerakan gigi 
Tenang aja karena attachmentnya kecil dan warnanya sama dengan warna gigi kita, jadi ga bakal kelihatan atau ganggu penampilan. Sesuai dengan keinginanku, gigi rahang atas dan bawahku akan dimundurin dan taringku dibenerin. 
 
Aku juga diberi tahu bahwa untuk kasus gigiku ini, aku akan memakai 5 aligner untuk gigi atas, dan 13 aligner untuk gigi bawah. 
Setelah melihat video pergerakan gigi dan setuju, aku mengkonfirmasi ke pihak Rata agar segera mencetak alignerku. Perkiraan pencetakan adalah 2 minggu, tapi hanya selang beberpa hari dari saat aku mengkonfirmasi, aku dikabari kalau aligner ku sudah jadi dan akan segera dikirmkan ke alamatku. Yeay, aku udah ngga sabar banget untuk makai alignerku nanti. 
  
Aligner setku dikirimkan dengan cepat dan ini dia isi di dalam box Rata-ku. 
   
1. Aligner Rata : tools perata gigi dibuat khusus dengan teknologi AI menggunakan material BPA-free plastic. Clear Aligner akan bantu meratakan gigi secara perlahan. Jumlah set yang aku dapat adalah upper 0-5 dan lower 0-13 
2. Chewies : Terbuat dari karet, digunakan dengan cara digigit-gigit untuk membantu merapatkan aligner agar pergerakan gigi lebih optimal. 
3. Casing Aligner : Tempat untuk menyimpan aligner saat dilepas agar aligner kita ngga hilang atau terbuang. 
  


Proses slicing dan pemasangan attachment bersama dokter Jessica 

Oh ya, kalau sudah terima set aligner, kita ga boleh langsung pakai aligner-nya sendiri ya, apalagi untuk case gigiku yang perlu slicing dan pemasangan attachment. Jadi aku nggak langsung pakai alignernya, tapi langsung hubungi customer care Rata untuk booking konsultasi pemakaian Rata pertama. 
  
Aku buat appointment di tanggal 21 Juni 2022 sore hari dan kali ini aku ditemani oleh drg. Jessica. Awalnya aku udah takut banget kalo slicing nanti bakalan sakit dan ngilu, tapi ternyata ngilunya cuma dikit banget kaya waktu bersihin karang gigi, tapi ini cuma sebentar banget. Selain slicing, gigiku juga dibutuhkan pemasangan attachment, semacam tambalan berbentuk kotak untuk menahan posisi aligner. Attachmentku dipasang satu dibagian gigi seri atas. Kecil banget dan warnanya sama persis seperti gigi kita jadi ga bakal kelihatan dan ga ganggu penampilan. Setelah itu aku langsung diminta untuk memakai aligner set nomor 0. Ya, alignernya dimulai dari 0, yang mana cetakannya itu masih sama seperti gigi awal kita. Set 0 ini tetap dipakai selama 7 hari untuk membiasakan gigi, mulut, dan lidah kita dengan pemakaian aligner. 


Cara pemakaiannya tuh gampang banget. Kalian tinggal sejajarkan aligner dengan gigi seri bagian depan, lalu pakai mulai dari salah satu sisi kiri atau kanan di belakang, lalu gigi bagian depan sampai ada bunyi klik dan aligner terpasang sempurna di gigi. 
  
Cara ngelepasnya juga sama aja, ga ribet sama sekali. Tinggal tarik dengan jari dari bagian paling belakang, lalu ke sisi satunya lagi, lalu angkat bagian depan. 
  


Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan selama pemakaian aligner, yaitu 
1. Aligner dipakai selama 20-22 jam dalam sehari, dan hanya dilepaskan ketika kalian makan, minuman panas atau berwarna, dan saat sikat gigi. 
2. Setiap set aligner dipakai selama 7-10 hari. 
3. Jangan dipakai saat merokok karena akan meninggalkan noda. 
4. Bersihkan aligner 2 kali sehari menggunakan ar mengalir dan sabun dapat dibantu dengan sikat gigi bulu halus. Tapi jangan dibersihin pakai pasta gigi atau mouthwash ya. Kalau mau direndam mouthwash cukup 1 menit aja, jangan lama-lama. 
  
Awalnya berasa aneh karena ada benda asing di mulut. Tapi aku sudah diingatkan oleh dr. Jessica, selama awal pemakaian nanti pasti mulut akan terasa lebih berliur, bibir kering dan gigitan terasa lebih berbeda karena ada aligner. Awal make udah pasti risih ya, karena ga terbiasa, apalagi aku yang tangannya gatel pengen copotin, hehehe. Tapi demi senyum impian, aku tahanin. Setiap sebelum makan, alignernya aku lepas dan aku kasih jarak dulu sebelum mengunyah, soalnya berasa agak beda. Tapi setelah itu aku bisa makan seperti biasa. Awal pemakaian juga cara ngomongku jadi agak cadel karena ruang untuk lidahnya jadi berubah sedikit, tapi setelah beberapa hari jadi terbiasa. Yang penting dibiasain aja dan kalau kalian merasa terlalu sering copotin hingga pemakaiannya kurang dari 20-22 jam perhari, kalian harus tambahin lama penggunaannya hingga 2 minggu. Jadi kalo mau giginya cepet rapi, harus konsisten make alignernya ya. Memang 1-2 hari pertama setiap pergantian aligner itu agak berasa nggak nyaman karena giginya bergeser mengikuti set aligner, tapi di aku, saat hari ke-3 itu udah mulai mereda dan terbiasa. 
  
Kalau semua set alignernya udah selesai dipake, nanti kita akan dipakein Retainer, yang akan menjaga posisi gigi supaya nggak bergeser lagi. Retainer ini harus dipakai selama 6 bulan - 1 tahun. 6 bulan pertama dipakai selama 20-22 jam seperti aligner, setelah itu dapat dipakai hanya di malam hari saat tidur saja. Kalau kalian penasaran dan pengen tahu tentang Rata, kalian bisa konsultasi gratis dulu di Call Center RATA disini. 
  
Nanti kalian jelasin aja kondisi gigi kalian dan keinginan kalian untuk punya gigi yang Rata dan senyum yang indah. 
Aku mau kasih tau kalian alasan kenapa kalian harus pake aligner dari RATA sesuai dengan pengalamanku 
1. Prosesnya ga ribet dan ga sakit. 
2. Hanya butuh waktu 3-6 bulan untuk me-Rata-kan gigi kalian (dengan Rata FULL, tergantung case masing-masing gigi) 
3. Clear aligner yang tidak mengganggu penampilanmu karena ga kelihatan pakai sesuatu di gigi.  
4. Semi permanen, yang dapat dicopot ketika makan dan sikat gigi. 
5. Harga aligner Rata lebih terjangkau jika dibandingkan dengan perawatan menggunakan behel.  
6. Alignernya di design oleh orthodontist, jadi bakal aman dan bukan sembarangan ya. 
7. Jaminan dengan Rata FULL (Refinement) untuk memastikan gigimu memiliki hasil maksimal atau mendapat tambahan aligner lagi jika belum sesuai dengan video simulasi awal yang sudah kamu setujui. 
  
Tuh kan, benefitnya dari segi waktu, penampilan, dan harga enak banget loh. Ga nyesal banget nyobain Rata, soalnya dari dulu aku emang mau Rata-in gigiku. 
 Nanti aku bakal update lagi di blog untuk hasil akhir setelah pemakaian Rata FULL, tapi untuk update yang lebih sering, akan aku post di story Instagram dan akan aku highlight khusus ya. Jadi buat yang masih mikir-mikir, masih penasaran dengan pemakaian Rata sebelum memutuskan untuk pasang aligner, kalian bisa pantengin stroy IG aku dan langsung hubungi call center Rata atau klik link disini ya. "Promo Rata"

Terimakasih buat kalian yang udah sempatin baca pengalamanku yang amat sangat menyenangkan ini. See you on my next post. 
 
 


 

Share:

0 comments