#45 DIY - Greentea Acne Mask

The acne is coming back and this is the worst nightmare ever.
Wajahku memang gampang banget jerawatan kalau aku nggak ngejaga pola makan. Dan saat PMS kemarin aku melakukan kesalahan terbesar yaitu makan coklat dan kacang sekitar semingguan dengan porsi yang nggak sedikit. Saat PMS aku memang suka ngidam makanan tertentu dan apes sekali ntah kenapa bulan ini kepengen banget makan yang serba coklat dan kacang. Dan sekarang wajahku lagi panen jerawat, wajah merah-merah kaya orang alergi. Kalo jerawatnya karena makanan, mau gonta ganti produk gimana aja juga rasanya gak bakalan ngaruh dan cuma buat kulit wajahku jadi kaget.
Jadi, aku putuskan untuk mendetox tubuh dengan banyak minum air putih, rajin mengonsumsi buah, mengurangi makanan yang terlalu manis dan asin, yang berlemak dan berminyak, menghindari makanan yang mengandung MSG, serta merawat wajah dengan menggunakan masker alami. Sebenernya aku menemukan ide masker anti acne ini saat melihat keperluan yang ada di dapur dan modal pengetahuan yang sedikit. Karena penasaran, aku coba googling semua kebaikan dari bahan-bahan yang ingin aku campurkan ini dan voilaaa~ jadilah masker acne yang membantu banget merawat kulitku.
Dijamin ini mudah banget cara buatnya dan nggak mahal.

Bahan-bahan yang diperlukan:
1 sdt greentea bubuk
1sdt tepung terigu
1sdt madu
Sedikit perasan jeruk nipis
Beauty water secukupnya (Bisa menggunakan air biasa.)

Cara membuat:

1. Campurkan bahan kering yaitu bubuk greentea dan tepung terigu.
2. Tambahkan madu dan air perasan jeruk nipis.
3. Aduk semua bahan sampai merata dan membentuk adonan kental.
4. Semprotkan beauty water atau tambahkan air sedikit demi sedikit
sambil diaduk hingga memiliki tekstur yang tidak terlalu kental tapi juga tidak terlalu cair seperti tekstur masker pada umumnya.
5. Aplikasikan di wajah secara rata dengan bantuan kuas masker.
6. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin sambil digosok secara perlahan untuk sekalian scrubbing wajah.
7. Keringkan wajah dengan handuk bersih secara lembut.
8. Gunakan pelembab wajahmu.

Nah, disini aku mau beri sedikit tips sama teman-teman tentang bubuk greentea yang aku gunakan. Pasti ada yang ngerasa susah dapetin bubuk greentea kan?
Disini aku pakai bubuk greentea merk Kepala Jenggot yang kasar atau untuk diseduh. Greentea ini banyak terdapat di mini market atau swalayan dengan harga dibawah IDR 15k per kotak.
Ingat yang untuk diseduh bukan yang berbentuk kantongan untuk dicelup. Kamu bisa beli yang kotak kecil yang di dalamnya terdapat 2 bungkusan teh. Yang satu bisa kamu pakai untuk diminum dan satu bungkus lagi bisa dipakai jadi masker.

Kerena teksturnya kasar daun teh hijau kering ini harus kita haluskan terlebih dahulu dengan cara di blender tanpa air. Masukan daun teh ke blender dan usahakan tutup semua lubang yang ada di blender suapaya serbuk tidak berterbangan kemana-mana. Setelah daun teh berubah menjadi greentea powder halus, kamu masih harus tetap menyaring untuk mendapatkan bubuk yang halus dan memisahkannya dari daun teh yang tidak hancur sempurna. Bubuk inilah yang akan kamu gunakan sebagai masker. Karena hasilnya cukup banyak, jangan lupa masukkan ke wadah yang tertutup rapat dan simpan di tempat yang sejuk dan kering yaaa.

Untuk tepung terigu, aku pakai merk Segitiga Biru Bogasari dengan harga lebih kurang IDR 13k/kg.
Untuk madu, kamu bisa pakai merk Madu TJ yang botol kecil dengan harga IDR 18k.
Lalu untuk beauty water yang kupakai disini adalah Beauty Water dengan PH 4-6 dari Kangen Water. Jika tidak ada counter Kangen Water di dekat rumahmu, kamu bisa menggunakan air biasa saja.
Dan jeruk nipis bisa diganti dengan lemon dan jeruk nipis yang kugunakan disini adalah merk warung Bu Upik dekat rumah. Hehehe.

Pasti penasaran kan, memangnya apa aja sih manfaat dari bahan-bahan di atas, kenapa harus pakai greentea dan tepung terigu, udah kaya adonan kue kekinian aja. Dan ini dia manfaat dari semua bahan yang aku gunakan untuk DIY Acne Mask ini.

GREENTEA
Teh hijau sendiri mengandung zat anti bakteri yang ampuh untuk menangkal dan juga mencegah munculnya bakteri dan kuman penyebab jerawat. Kandungan senyawa katekin didalamnya juga bisa menjadi bahan anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada jerawat dan bekas luka yang muncul karena jerawat. (Source: link)
Selain itu, teh hijau yang mengandung banyak anti oksidan akan membantu kulitmu menangani radikal bebas akibat polusi dan sinar UV.

TEPUNG TERIGU
Gandum bahan utama pembuat tepung terigu ini bisa mengandung vitamin E dan B yang baik untuk kulit. Selain itu, kandungan saponin yang terdapat pada gandum memiliki efek emolien pada kulit sehingga sangat baik digunakan untuk mlembabkan dan melembutkan kulit. (Source: link)

MADU
Madu terkenal dengan banyak khasiatnya yang baik untuk kecantikan. Madu dapat melembabkan wajah, mencegah penuaan dini karena mengandung anti oksidan dan juga bisa mengatasi masalah jerawat karena bersifat anti bakteri yang akan membantu melawan bakteri yang ada pada jerawat. (Source: link)

JERUK NIPIS
Kita semua pasti sudah tau apa manfaat dari buah kecil yang rasanya masam ini. Selain sering digunakan sebagai bumbu dapur dan untuk campuran minuman, buah kecil berwarna hijau ini dapat memutihkan atau mencerahkan kulit wajah karena kaya akan vitamin C. Jeruk nipis juga mampu menyerap minyak berlebih yang cenderung dimiliki oleh orang yang wajahnya mudah berjerawat.

BEAUTY WATER
Disini aku menambahkan beauty water yang memiliki PH sekitar 4-6 yang telah disesuaikan untuk kulit. Beauty Water Kangen ini bisa melembabkan kulit, membantu mengecilkan pori. Karena itu aku memilih menggunakan beauty water ini untuk dicampurkan dengan masker.

 So yeahhh. I feel my skin much better setelah pakai masker ini 3 kali dengan waktu pemakaian seminggu (2 hari sekali). Jerawat-jerawat yang tadinya numpuk perlahan mengering dan kempes. Kulit yang tadinya redness dan berasa perih karena meradang sekarang berasa lebih adem. Kulit yang tadinya kasar dan komedoan sekarang berasa lebih halus. Memang belum sempurna sih karena yang namanya masker alami itu manfaatnya nggak instan dan harus rutin. Pakai masker alami nggak cuma ngebuat kulit kita lebih cantik di luar tapi juga sehat dari dalam.

Selamat mencoba DIY Greentea Acne Mask a la Etherealatte yaaa. Sampai jumpa lagi di beauty post berikutnya. Bye-bye. <3

XOXO

Share:

0 comments