#68 Review: Menow - Kissproof Soft Matte Lipstick

Hello beauties... Kali ini aku akan mereview produk lippies yang super murce dan lagi banyak banget nih dimana-mana. Menow Kissproof Matte Lipstick ini emang lagi hits banget di social media karena harganya yang murah, matte finish, tahan lama, dan punya 19 pilihan warna. Wow!!! Siapa yang gak tergoda sama kriteria lipstick seperti itu? Aku aja jadi ikut-ikutan tergoda untuk beli, dan akan aku review disini siapa tau ada temen-temen yang mungkin masih bimbang sama lipstick ini.


Awalnya, aku liat di Youtube banyak banget yang review si Kissproof ini. Banyak yang tergoda sama harganya yang murah dan ketahanan si lipstick yang katanya kissproof alias gak transfer kemana-mana. Lipstick ini diproduksi di China dan harganya emang murah banget, nget, ngettt. Kalau di olshop Indo rata-rata ngejual sekitar Rp 25.000,- sampai Rp 35.000,- an, tapi sebenernya lipstick ini harganya hanya sekitar $1-$2. Murce gilak kan?

Aku punya 5 shade dari 19 shade yang ada, yaitu 03, 06, 07, 13, dan 16. Sebelum aku jelasin detail ke setiap warnanya, aku akan bahas lipstick ini secara keseluruhan dulu yaa.

Lipstick ini dikemas di dalam sebuah kotak kecil berwarna hitam seperti dibawah ini. Ada sticker nomor dibagian tutup, dan ada bagian yang terbuka untuk memastikan warna lipstick di dalamnya. Sebenernya box-nya biasa aja, tapi menurutku cukup wow untuk lipstik harga Rp 20.000,-an karena ada box yang cukup bagus besrta kertas petunjuk di dalamnya. Di bagian samping bawah ada bagian yang terbuka untuk memastikan warna lipstick yang terdapat di dalam kotak.

Ini penampakan kotak dari depan.


Ini penampakan dari samping. Isi di dalam terlihat.


Keterangan di kotak ada beberapa yang nggak nyambung. Tertulis "This liquid lipstick instantly lifts & hydrates lips", heee? Padahal ini gak liquid, melainkan lipstick biasa yang diserut. Ternyata bukan cuma punya aku aja yang boxnya seperti ini. Setelah cari blog dan vlog yang review si Kissproof ini ternyata emang di box tulisannya begitu.

Ini bagian belakang kemasan.

Ini sisi samping menunjukan keterangan manufaktur.
 

Dilihat dari atas, terdapat sticker dengan nomor warna lipstick.
 

Untuk packaging lipsticknya sendiri, menurutku biasa-biasa saja. Tutup dan body-nya terbuat dari bahan plastik, tulisan berwarna silver di lipstick juga gampang pudar. Lipsticknya seperti pensil besar dan diserut/diraut, tidak diputar. Pastikan kamu punya rautan besar sebelum membeli lipstick ini ya. Warna tutup dan bagian belakang pensilnya disesuaikan dengan warna lipstick.



Terdapat nomor lipstick yang tertera di lipstick.


Lipstick ini mengandung paraben, paraben sendiri sebenernya banyak ditemukan di kosmetik lain sebagai pengawet makeup untuk memperpanjang umur kosmetik. Tapi it depends to you mau coba pakai lipstick ini atau tidak ya.



 
Teksturnya menurut aku cukup creamy dan enak dipakai di bibir. Beberapa review ada yang bilang cukup susah dipakai untuk pertama kali. Tapi untuk punyaku, semuanya cukup creamy dan enak sewaktu dipulas pertama kali. Mungkin kebetulan aku dapet batch yang masih baru kali ya. Walaupun creamy, tapi lipstick ini teksturnya cepet banget berubah jadi matte. Harus dipakai agak cepat kalo mau di layer berkali-kali, kalo nggak teksturnya jadi powdery dan susah di-blend.
Karena lipstick ini matte banget, menurutku kurang cocok dipakai di bibir yang kering dan pecah-pecah. Buat yang bibirnya kering bisa scrub dulu sebelum pakai matte lipstick, dan jangan lupa pakai lipbalm. Aku biasanya pakai lipbalm sebelum dandan, dan saat mau pakai lipstick, lipbalmnya aku lap sedikit dengan tissue supaya bibirnya gak terlalu oily, jadi warna lipsticknya gampang keluar dan tetep nempel.


Lipstick ini punya 19 warna dan range warnanya itu bisa dibilang lengkap ya. Mulai dari nude, pink, red, orange, sampai warna gelap seperti maroon dan coklat tua pun dia ada.
Aku punya 5 warna dan masing-masing mewakili range warna yang aku sebutkan tadi.

 

Ini swatchnya di tanganku.
 

Sekarang kita bahas warnanya satu persatu sekaligus lihat swatch-nya di bibirku.
 
003


Warna merah maroon dengan hint coklat tua. Warnanya merah gelap dan cocok banget untuk tampilan grunge atau ala ala vampir gitu. Di foto ini terlihat tidak terlalu gelap karena pencahayaan. Diantara Kissproof yang aku punya, warna ini memang agak chalky, apalagi kalau setelah dipakai dan kita banyak ngatupin bibir, lipstick di bagian dalem bibir cepet banget pudar. Ini salah satu warna favoritku diantara semuanya. Soalnya aku pede-pede aja pake lipstick warna bold. Hehehe.
 
006
 

Warna coklat nude dengan sedikit hint orange. Aku gak pernah suka pake lipstick warna nude, tapi buat warna ini aku suka banget dan sering aku pake. Walaupun nude tapi di wajahku gak kelihatan pucat. Warna ini termasuk best sellernya Kissproof, dan banyak banget yang cari-cari.

007
 

Ini warna dasarnya orange brick. Warnanya seperti bata, tapi ada shimmernya. Lipstick ini juga matte, mungkin jadi kayak Kylie Lips yang seri metalic itu kali ya. Dan di antara semuanya ini yang paling jarang aku sentuh. Biasanya aku pakai untuk foto-foto aja.

013
 

Nomor ini punya warna merah yang cantik banget. Pokoknya kapan aja ada acara dadakan, lipstick merah jadi penyelamat. Dan ini warnanya bagus banget dipake di tone kulit apa aja. Mamaku yang punya tone kulit gelap (sawo mateng) jadi suka pake lipstick ini dan warnanya cocok di kulit mamaku. By the way, di swatch ini aku pakenya kurang tebal dan karena sebelumnya bibirku oily bolak-balik kena tender care untuk hapus sisa lipstick sebelumnya jadi warnanya kurang bold.

016
 

Ini adalah warna pink salem yang jadi idolanya Kissproof. Ini warna yang paling sering dicari orang-orang, dan warna ini juga agak susah nyarinya di olshop. Bahkan karena susah, beberapa olshop menaikkan harga lipstick 016 ini di atas harga warna-warna lainnya. Aku pribadi ngerasa biasa aja sama warna ini. Di wajahku jatuhnya terlihat terlalu jreng, mungkin karena aku memang kurang suka dengan lipstick yang terlalu pink. Tapi lipstick ini malah jadi sering aku pakai akhir-akhir ini untuk base sebelum pakai liptint. Biasanya kalau pakai liptint, warna yang dibagian luar bibir suka kurang awet dan kurang keluar warnanya. Jadi aku akalin pakai matte lipstick ini supaya warna liptint Tony Moly Tony Tint Delight Red ku warnanya lebih keluar. Perpaduan warna keduanya malah jadi bagus dan aku suka.


Setelah kering, lipstick ini super duper waterproof dan emang kissproof sesuai dengan namanya. Mau berapa kali aku coba ciumin punggung tanganku, lipsticknya gak transfer sama sekali. Kalau kamu minum air, atau makan-makan yang ringan (makan-makan cantik), lipsticknya bakalan tetep nempel. Tapi kalo kamu makan yang berminyak, dia bakalan cepet ilang, walaupun masih tetap ada stainnya.
Setelah lebih dari 5-6 jam, biasanya lipstick ini jadi powdery di bibirku, dan cenderung crack. Kalau langsung aku touch-up pake lipsticknya, hasilnya bakalan jelek banget. Jadi biasanya aku gosok-gosok pake tissue dulu buat jatuhin sisa-sisa lipstick yang udah kering dan udah gak blend lagi di bibir. Setelah itu aku pakai lipbalm dikit, baru deh pakai lagi lipstick ini. Ribet yah?

Ini foto saat aku bersihkan menggunakan tender care oriflame.
 

Setelah di wipe dengan kapas/tissue akan langsung terangkat bersih.
 

 
Over all bisa dibilang aku lumayan suka sama lipstick ini karena harganya yang murah, kissproof, pilihan warnanya juga banyak. Masalah kering atau powdery setelah beberapa lama, untuk mensiasatinya, pakai saja lipbalm secukupnya sebelum mengaplikasikan lipstick.


Harganya terjangkau, murah banget malah.
Warnanya banyak
Matte finishnya bagus
Creamy dan mudah diaplikasikan
Tidak lengket
Bentuk seperti pensil memudahkan memakai lipstick terutama di bagian lips line
Kissproof dan waterproof, gak transfer sama sekali


Setelah beberapa jam bibir jadi terlihat kering dan patchy
Baunya kurang enak
Harus diserut kalau sudah tumpul, lebih memudahkan kalau tinggal puter
Hanya bisa dibersihkan dengan oil
Mengandung paraben


Sepertinya aku nggak bakalan re-purchase ini karena aku ngerasa lipsticknya kurang praktis harus diserut dulu. Aku juga kurang suka sama bau lipsticknya. Dan satu lagi alasanku untuk tidak repurchase adalah lipstick lokal juga lagi gencar-gencarnya ngeluarin lipstick matte yang menarik buat dicobain juga. Hehehe.


Aku kasih rate 3.5/5 karena menurut aku lipstick ini bisa dibilang cukup bagus jika dibandingkan dengan harganya yang murah.



Seperti biasa, waktunya narsis, yes?
Disini aku pakai Kissproof 003.


Yang ini aku pakai Kissproof 016 lalu dilapisi liptint Tony Moly Delight Tint (klik untuk baca reviewnya). Suka banget sama hasil warnanya.


Kalian tertarik untuk coba lipstick ini atau sudah punya? Jangan lupa untuk komen dibawah yaaa...
See you on my next post. Muach



Share:

1 comments

  1. Akuu juga pakek looh..
    baru coba hari inii
    Stantiiikk
    aq baru coba no 016
    Waaw..pinky bgt. Nyolok bgt d muka aq yg iteem nih.hehe.tapii kereen kok

    ReplyDelete